Jul 6, 2017

Kontribusi Penting Asam Lemak Omega-3 untuk Tubuh

Peran Penting omega 3 bagi tubuh

Lemak punya kontribusi penting untuk sistem kerja tubuh. Asam lemak non-essensial dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Namun kita juga mengenal asam lemak essensial yang tidak dapat diproduksi tubuh yang didapatkan dari makanan sehari-hari. Omega-3 salah satu asam lemak essensial penting untuk menjaga kesehatan sistem pembuluh darah dan jantung, kesehatan sistem saraf, mata dan meningkatkan konsentrasi anak. Kita dapat temui sumber omega-3 pada makanan harian mulai dari ikan perairan laut dalam, minyak nabati, kacang-kacangan (terutama kenari) dan flaxseed.

Apa yang membuat asam lemak omega-3 istimewa?
Ternyata asam lemak omega-3 adalah bagian terpenting dari membran sel di seluruh tubuh dan mempengaruhi fungsi reseptor sel. Asam lemak omega-3 sangat berperan dalam proses awal untuk membuat hormon yang mengatur penggumpalan darah, kontraksi dan relaksasi dinding arteri, dan peradangan. Asam lemak omega-3 juga mengikat reseptor pada sel yang mengatur fungsi genetik. Karena adanya peran ini, asam lemak omega-3 telah terbukti membantu mencegah penyakit jantung dan stroke, dapat membantu mengendalikan lupus, eksim, dan rheumatoid arthritis, serta peran mencegah kanker dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Jenis asam lemak omega-3
Komponen omega-3 dibagi tiga jenis utama asam lemak omega-3 yaitu:
  • Eicosapentaenoic Acid (EPA) dan Docosahexaenoic Acid (DHA) terutama berasal dari ikan, sehingga sering disebut marine omega-3.
  • Alfa Linolenic Acid (ALA), asam lemak omega-3 yang kebanyakan ditemukan pada minyak nabati dan kacang-kacangan (terutama kenari), flaxseed, dan beberapa lemak hewan, terutama binatang pemakan rumput. Manfaat ALA bagi tubuh untuk diubah menjadi tenaga dan sebagian kecil diubah menjadi EPA dan DHA kurang dari 5% saja.

Bukti manfaat asam lemak omega-3
Penelitian ilmiah mengenai manfaat utama asam lemak omega-3 berkaitan dengan penyakit jantung. Asam lemak omega-3 berperan mencegah irama jantung tidak menentu. Irama jantung tidak stabil menyebabkan lebih dari 500.000 kematian jantung mendadak terjadi setiap tahun di Amerika Serikat. Peran asam lemak omega-3 juga menurunkan tekanan darah tinggi dan denyut jantung, memperbaiki fungsi pembuluh darah, menurunkan trigliserida dan dapat mengurangi peradangan. Peradangan berkepanjangan membentuk aterosklerosis (sumbatan pebuluh darah) penyebab penyakit jantung koroner.
5th shaklee Indonesia
Beberapa studi besar telah mengevaluasi efek minyak ikan terhadap penyakit jantung. Di Gruppo Italiano per lo Studio della Sopravvivenza nell'Infarto Miocardio (GISSI Prevention Trial), orang-orang yang pernah mengalami serangan jantung yang mengkonsumsi 1 gram minyak ikan omega-3 selama tiga tahun cenderung tidak mengalami serangan jantung, stroke, atau kematian mendadak yang berulang dibandingkan mereka yang diberikan plasebo. Minyak ikan omega-3 menurunkan risiko kematian jantung mendadak hingga 50%.

Dalam studi Interferensi Lipid EPA Jepang terbaru (JELIS), peserta yang mengonsumsi EPA dan statin (obat penurun kolesterol) cenderung tidak mengalami gangguan koroner mayor (kematian jantung mendadak, serangan jantung fatal dan nonfatal, nyeri dada, dan operasi arteri koroner yang menyempit atau tersumbat) daripada yang hanya diberikan statin saja. Penelitian lainnya mengenai studi efek asam lemak omega-3 pada kanker prostat. Hasil health professionals follow-up study menunjukkan bahwa pria konsumsi makanan tinggi EPA dan DHA cenderung tidak mengalami kanker prostat dibandingkan mereka yang rendah asupan EPA dan DHA.

Dapatkan manfaat asam lemak omega-3 pada omegaguard shaklee. Dosis omegaguard yang direkomendasikan 3 softgel omegaguard shaklee sehari untuk memperoleh 1000mg asam lemak omega 3. Setiap takaran saji omegaguard mengandung 540 mg EPA dan 360 DHA untuk kesehatan anda. Rasakan manfaat omega-3 shaklee bagi kesehatan dengan harga promo spesial omegaguard hanya di bulan november ini.


0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.